Permainan Bola Basket Di Indonesia Dinaungi Oleh Organisasi

permainan bola basket di indonesia dinaungi oleh organisasi c4bbc9b59

Permainan Bola Basket Di Indonesia Dinaungi Oleh Organisasi – Seiring berkembangnya bola basket di Indonesia, maka dimulailah berdirinya Perbasi sebagai organisasi bola basket nasional. Perbasi adalah singkatan dari Persatuan Bola Basket Indonesia. Berikut sejarah dan dinamika ide Perbasi yang dulu bernama PBSI.

Awal mula olahraga bola basket adalah dr. James Naismith. Dia merancang bola basket sebagai permainan dalam ruangan (

Permainan Bola Basket Di Indonesia Dinaungi Oleh Organisasi

, bola basket dimainkan pertama kali pada tanggal 21 Desember 189. Awalnya setiap tim terdiri dari 9 pemain (sekarang hanya 5 pemain).

Sejarah Perbasi, Induk Organisasi Bola Basket Di Indonesia

) ditampilkan. Selain itu, pada tahun 1893, pertandingan bola basket pertama diadakan, di mana tim siswa berkompetisi di sekolah tempat Naismith bekerja.

Masuknya bola basket ke Indonesia tidak lepas dari popularitas permainan ini di seluruh dunia, terutama di negara-negara Asia Timur mengingat situasi geopolitik saat itu.

Ketika China mengirim Bob Bailey ke Tientsin pada tahun 1894, Menasha menjadi negara target pengembangan bola basket oleh Men’s Christian Association (YMCA).

Saat bola basket dimainkan di negara Tirai Bambu, olahraga ini menyebar ke Jepang dan Filipina pada tahun 1900-an.

Timnas Basket Tc Ke Australia, Jalani 10 Kali Uji Coba

Permainan ini kemudian masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an berkat gelombang imigran Cina.

Mereka membuat komunitas sendiri, misalnya mendirikan sekolah Cina yang mempopulerkan basket di sekolah tersebut. Padahal, permainan sudah menjadi olahraga wajib bagi siswa.

Pertumbuhan bola basket meningkat secara dramatis pada tahun 1930-an. Kemudian, asosiasi bola basket didirikan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Medan.

Menurut situs Perbasi, bola basket pertama kali dimainkan pada tahun 1948 sebagai pertandingan resmi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) I di Solo.

Sejarah Bola Basket, Penemu, Tujuan Dan Aturan Mainnya

Setelah bola basket diperkenalkan sebagai olahraga PON I, pada tahun 1951 olahraga ini diperkenalkan kembali dalam PON II yang diperluas.

Tahun itu, sebagai sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (IOC), Maladi meminta Tony Wen dan Wim Latumeten untuk mendirikan organisasi bola basket di Indonesia. Akhirnya pada tanggal 23 Oktober 1951, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PBSI) didirikan.

Belakangan, nama Perbasi semakin berkembang seperti yang digunakan di Indonesia. Pada tahun 1955, PBSI berganti nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau Perbasi.

Pada tahun 1955, Perbasi menyelenggarakan konferensi bola basket di Bandung yang dihadiri oleh perwakilan dari Yogyakarta, Semarang, Jakarta dan Bandung.

Pengertian Bola Basket: Jumlah Pemain, Perlengkapan, & Peraturannya

Perbasi diterima menjadi anggota FIBA ​​Anggota FIBA ​​mengirimkan tim bola basket ke pentas internasional untuk pertama kalinya pada Asian Games 1953 dan 1954 di Manila. Organisasi bola basket Indonesia Perbasi. Perbasi adalah kependekan dari Persatuan Bola Basket Indonesia dan merupakan wadah bagi perhimpunan bola basket di Indonesia. Kepengurusan sebuah organisasi Perbasi dibagi menjadi beberapa tingkatan, mulai dari tingkat asosiasi, manajemen cabang, tingkat wilayah dan manajemen utama.

Organisasi bola basket Indonesia ini berperan penting dalam perkembangan bola basket di Indonesia dengan aktif menyelenggarakan turnamen dan mendidik para atlet.

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang organisasi bola basket Indonesia, Selasa (28/6) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) adalah badan pengelola bola basket di Indonesia. Sejarah Perbasi dimulai pada tahun 1951, ketika Maladi yang merupakan sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (IOC), meminta Tony Wen dan Wim Latumeten untuk mendirikan organisasi olahraga bola basket di Indonesia.

Basket Dan Voli Raih Emas Sea Games 2021, Sepakbola Kapan?

Pada tanggal 23 Oktober 1951, orang-orang yang sama ini mulai membentuk Persatuan Bola Basket Indonesia dengan nama Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia, disingkat Perbasi.

Pada hari-hari awal organisasi, Tony Wen adalah presiden dan Wim Latumeten adalah sekretaris. Pada tahun 1955, Persatuan Bola Basket Indonesia berubah nama untuk menyamai Yayasan Indonesia dan menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Perbasi mengikuti sistem hierarki vertikal mulai dari tingkat asosiasi, pengurus cabang (pengcab) Perbasi, pengurus daerah (pengda) Perbasi dan manajemen senior Perbasi.

Menurut situs Perbasi, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) adalah satu-satunya badan yang memiliki kewenangan untuk mengoordinasikan dan mempromosikan acara olahraga bola basket di seluruh wilayah negara Republik Indonesia untuk acara olahraga bola basket nasional. Perbasi adalah mitra pemerintah dalam pengembangan dan promosi acara olahraga bola basket.

Pekan Kedua Basket Piala Gubernur Dki Jakarta Siap Digelar

Perbasi resmi bergabung dengan FIBA ​​pada tahun 1952 dan mengirimkan tim nasional pertama ke Asian Games 1954 di Manila, Filipina.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia No. 39 Pasal 5, ada beberapa tujuan didirikannya Perbasi, yaitu:

1. Mengkoordinir dan memajukan setiap bentuk kegiatan olahraga bola basket di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk membangkitkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.

2. Mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, kuat jasmani atau rohani, teguh pendirian, luwes, dan mampu berperan serta dan berkarya dalam pembangunan nasional.

Sejarah Singkat Permainan Bola Basket Di Indonesia Dan Dunia

3. Mendorong dan memastikan bahwa siswa dan pemain bola basket dapat mencapai tingkat tinggi di tingkat lokal, regional, nasional atau internasional.

4. Mempromosikan dan meningkatkan persahabatan dan persaudaraan antar bangsa melalui acara bola basket, menjalin hubungan dengan berpartisipasi dalam turnamen atau kompetisi bola basket internasional, dan dengan bergabung dengan organisasi bola basket internasional.

Berdasarkan Anggaran Dasar dan Pasal 39, Pasal 7 Federasi Bola Basket Indonesia, Perbasi mempunyai beberapa kewajiban yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan:

2. Mendorong dan membimbing perkembangan organisasi bola basket di Indonesia dan menggantinya dengan organisasi bola basket seragam di seluruh tanah air.

Ukuran Lapangan Bola Basket, Menurut Standar Fiba

3. Mengawasi dan membimbing pelaksanaan peraturan permainan bola basket yang ditetapkan oleh FIBA.Liputan6.com, Jakarta. Organisasi utama bola basket di Indonesia adalah organisasi yang bertanggung jawab untuk mempromosikan acara bola basket di Indonesia. Bola basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Permainan ini berasal dari Amerika Serikat dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Setiap negara memiliki organisasi bola basket sendiri. Badan utama bola basket di Indonesia adalah organisasi yang mirip dengan National Basketball Association (NBA) Amerika Serikat. Organisasi utama bola basket di Indonesia adalah organisasi yang sudah ada sejak tahun 1951.

Organisasi utama bola basket di Indonesia adalah partai yang menyatukan seluruh perhimpunan bola basket di Indonesia. Organisasi utama bola basket di Indonesia adalah asosiasi, yang terdiri dari tingkat asosiasi, pengurus cabang, pengurus wilayah dan pengurus senior.

Organisasi utama bola basket di Indonesia menjadi acuan bagi seluruh kepentingan bola basket di Indonesia. Berikut penjelasan organisasi induk bola basket di Indonesia yang dihimpun Liputan6.com dari situs resmi Perbasin, Selasa (3/1/2022).

Top 10 Teknik Yang Digunakan Untuk Mengoper Bola Jarak Dekat Pada Permainan Bola Basket Dimana Bola Berada Di Depan Dada Disebut Juga Dengan 2 Poin? 2022

Harja Jaladri menjadi wasit Indonesia pertama yang ditunjuk FIBA. Bukan hanya hakim, tapi petani dan nelayan.

* Fakta atau hoax? Jika ingin mengetahui keaslian informasi yang beredar, silahkan WhatsApp ke Liputan6.com 0811 9787 670 dengan memasukkan password yang diinginkan.

Pemain Dewa United Surabaya Kevin Musa Poetirai (tengah) melawan Satya Vacana Salatig pada pertandingan IBL 2022 di Hall Basket GBK, Jakarta, Selasa (18 Januari 2022). Deva United menang 66-64. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Organisasi utama bola basket di Indonesia adalah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Perbasi merupakan satu-satunya badan/wadah yang berhak mengoordinasikan dan memajukan kegiatan olahraga bola basket di seluruh wilayah negara Republik Indonesia untuk kegiatan olahraga bola basket nasional.

Persiapan Kualifikasi Fiba World Cup 2023, Timnas Basket Indonesia Panggil 21 Pemain

Perbasi adalah mitra pemerintah dalam pengembangan dan promosi acara olahraga bola basket. Saat ini Perbasi dipimpin oleh Danny Kosasih (Kho Poo Tai), yang merupakan Presiden ke-10 Perbasi. Keterlibatannya dalam olahraga bola basket berlangsung lebih dari 50 tahun sebagai pemain, pelatih, manajer tim, guru, dan direktur.

Kapten Satria Muda Pertamina Arki Dikania Wisnu tampil sebagai salah satu pemain pada pertandingan IBL 2022 melawan Prawira Bandung di Hall Basket GBK Jakarta, Jumat (21/01/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Mengutip PERBASI, masuknya bola basket ke Indonesia tidak lepas dari merebaknya bola basket dari Amerika Serikat ke negara-negara Asia Timur. Bola basket pertama kali masuk ke China pada tahun 1894 melalui YMCA. Selain China, negara Asia lain yang pertama kali diperkenalkan bola basket adalah Jepang (1900) dan Filipina (1900).

Bola basket mulai populer di Indonesia pada tahun 1920-an. Saat itu, gelombang imigran dari China datang ke Indonesia. Para pendatang ini membawa permainan bola basket yang berkembang selama dua dekade. Ia mendirikan komunitasnya sendiri, termasuk mendirikan sekolah Tionghoa. Ini menjadi salah satu sekolah bola basket dengan pertumbuhan tercepat di Cina.

Melawan Tim Basket Kanwil Djbc, Persatuan Bolabasket Pengayoman Raih Kemenangan Dengan Skor 38 26

Di sekolah-sekolah Cina ini, bola basket telah menjadi olahraga wajib bagi setiap siswa. Tak heran, setiap sekolah memiliki lapangan basket. Pada tahun 1930-an, asosiasi bola basket mulai muncul. Kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Medan; itu menjadi pusat berdirinya asosiasi bola basket.

Contohnya di Semarang. Pada tahun 1930, ada asosiasi seperti English School of China, Tionghwa Hwee, Fe Leon Ti Huu Hui dan Feng Hu Hui (Friends). Sahabat adalah klub salah satu legenda basket Indonesia, Sony Hendrawan (Liem Tjien Sion).

Pebasket putra Indonesia Abraham Damar Grahita (kanan) berusaha melepaskan diri dari pebasket Korea pada babak penyisihan Grup A Asian Games Basket Putra 2018 di Jakarta, Selasa (14/8). Indonesia kalah 65-104. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Setelah diumumkan pada 17 Agustus 1945, bola basket menjadi populer di kota-kota yang menjadi basis perjuangan, seperti Ogyakarta dan Solo. Bola basket pertama kali dimainkan secara nasional pada PON (Pekan Olahraga Nasional) I (1948) di Solo. Peserta PON I terbatas pada putra terkuat dan serikat pekerja yang ada dari masing-masing ‘kediaman’.

Tim Basket Budi Luhur Raih Medali Emas & Perak Di Kejurnas Perguruan Tinggi Se Indonesia

Pada tahun 1951, bola basket putra dan putri dimainkan selama PON II. Tim yang dikirim tidak lagi mewakili kediaman, tetapi sudah mewakili provinsi. Grup dari Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Sumatera Utara menjadi andalan di kancah PON.

Pemain Indonesia Abraham Damar melawan Filipina di semifinal SEA Games 2019 pada Senin (09/12). Indonesia kalah dari Filipina 97-70.

Permainan basket diciptakan oleh, permainan bola basket di indonesia dinaungi oleh, permainan bola basket diciptakan oleh, induk organisasi bola basket indonesia, induk organisasi bola basket, induk organisasi bola basket di indonesia, organisasi bola basket dunia, permainan bola basket ditemukan oleh, permainan bola basket dipimpin oleh, organisasi bola basket nasional, lama permainan bola basket ditentukan oleh, organisasi bola basket

Permainan Bola Basket Di Indonesia Dinaungi Oleh Organisasi | Albert | 4.5