Gondang Adalah Seni Musik Tradisional Dari Daerah

gondang adalah seni musik tradisional dari daerah 80a1f5dff

Gondang Adalah Seni Musik Tradisional Dari Daerah – Masyarakat Batak Toba, salah satu suku atau suku di Sumatera Utara, tidak dapat dipisahkan dari musik. Dalam kegiatan adat dan ritual keagamaan, musik selalu dilibatkan. Hal ini terlihat pada gondang sabangun, tulis Henry Spiller dalam Gamelan: The Traditional Sounds of Indonesia, sebuah orkes tradisional Batak Toba yang biasa dimainkan untuk mengiringi tarian seremonial siksaan atau yang dikenal dengan adat ni gondang.

Gondang sabangun terdiri dari lima taganing (gendang yang memainkan peran melodi), 1 gordang (gendang besar yang menentukan ritme), 3-4 ogung atau gong (yang membentuk ritme konstan) dan 1 hesek (perkusi, biasanya botol kosong atau piring logam yang dipukul untuk membantu irama), dan sarune bolon (alat musik tiup).

Gondang Adalah Seni Musik Tradisional Dari Daerah

Dalam gondang Sabangun terdapat kelompok alat musik khas tambur yaitu taganing dan gordang, bahkan odap. Ketiganya menggantung dari balok kayu atau rak.

Alat Musik Tradisional Batak Toba, Gambar Dan Keterangannya

Beberapa musisi menyebut taganing sebagai kelompok tujuh kendang yang terdiri dari lima taganing, serta gordang dan odap. Gordang dan odap sebenarnya adalah dua alat yang terpisah dan berbeda secara fungsional. Tapi odap selalu bisa diganti dengan gordang atau taganing.

Menurut Mauly Purba dalam tesisnya di Monash University tahun 1998, para musisi saat ini memainkan dua jenis gondang sabangun: ansambel kurang odap dan ansambel penuh seperti yang dimainkan oleh anggota Parmalim, sebuah organisasi keagamaan yang mempertahankan integritas kepercayaan asli Batak. Musik yang dimainkan dalam kedua jenis ansambel ini serupa.

Dalam pertunjukan musik gondang sabangun, taganing memegang peranan penting. Ini memiliki fungsi ganda: sebagai pembawa melodi serta ritme variabel dalam berbagai lagu. Selain itu, taganing berperan sebagai konduktor yang memberikan isyarat dengan isyarat berirama yang harus dipatuhi oleh semua anggota ansambel sekaligus penyemangat kepada pemain lain.

Tidak mengherankan bahwa taganing sangat penting. Bahkan dalam kepercayaan kuno orang Batak Toba, catat Rithaony Hutajulu dalam Gondang Batak Toba, parganing (pemusik taganing) dan parsarune (peniup sarune) disamakan dengan dewa. Sebab, keduanya dianggap mampu menyampaikan segala permintaan/harapan kepada Debata Mulajadi Nabolon (penguasa tertinggi mikrokosmos dan makrokosmos).

Kontemporisasi: Menjawab Dinamika Budaya

Dulu, untuk menjadi pasangan harus belajar dengan pargonsi (pemain musik gondang) yang memiliki ilmu musik. Namun, kata dia, ada juga yang mendapatkan keahlian ini dari Batara Guru, yang disebut dengan bakat.

Sebagai alat musik, taganing tergolong kendang tanpa nada (tuned drum). Taganing terdiri dari lima drum kayu yang permukaannya dilapisi kulit. Bentuknya menyerupai tabung lengkung (barrel) dan ada juga tabung lurus. Ukurannya bervariasi, mulai dari 40 hingga 55 cm dan diameter 18 hingga 24 cm. Yang lebih besar ada di sebelah kanan dan yang lebih kecil di sebelah kiri.

Begitu juga nadanya; semakin ke kiri, semakin tinggi ketinggiannya. Nada dari kelima kendang tersebut adalah nang, ning, nung, neng, nong, yang sering dibandingkan dengan tangga nada pentatonik dalam istilah musik Barat do-re-mi-fa-sol. Taganing dimainkan oleh satu atau dua orang dengan cara memukul selaput dengan dua buah palu (tongkat).

Lima drum memiliki nama mereka. Yang lebih besar disebut odap-odap, paidua odap, painonga, paidua ting-ting, dan yang lebih kecil disebut ting-ting.

Top 9 Gondang Adalah Seni Musik Tradisional Dari Daerah. . . . * A. Aceh B. Batak C. Jawa D. Papua 2022

Di beberapa bagian taganing terdapat ornamen atau ukiran yang disebut gorga. Ukiran itu dicat dengan warna putih, merah dan hitam; putih melambangkan kesucian, merah melambangkan keberanian dan hitam melambangkan kepolosan. Ornamen terdapat pada badan, halaman (pengait sekaligus alas), dan kaki penyangga. Keberadaan ornamen ini memberi taganing nilai seni dan estetika tersendiri.

Dalam kelompok gendang gondang sabangun, gordang tidak seistimewa taganing. Namun keberadaannya juga tidak bisa diabaikan. Gordang berfungsi sebagai bass dan terutama bertindak sebagai instrumen ritme.

Gordang, tulis Jamaludin S. Hasibuan dalam Seni Budaya Batak, terbuat dari kayu yang dilapisi kulit sapi atau kerbau. Itu lebih besar dan lebih panjang dari taganing. Panjang Gordang dapat bervariasi dari 100cm hingga 110cm. Diameternya bervariasi, dari 23 cm hingga 27 cm.

Sedangkan odap adalah gendang berkepala dua dengan panjang sekitar 30 cm dan diameter 20 cm. Berbentuk barel. Seperti gordang, odap adalah alat musik ritmis. Dalam ansambel gondang sabangun, penabuh taganing juga memainkan odap. Namun, musisi tidak dapat melakukan ini pada saat yang bersamaan.

Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Prov. Jateng

Pertunjukan gondang sabangun saat ini lebih menekankan pada aspek hiburan. Kesucian gondang mulai memudar. Bahkan, dalam berbagai perayaan adat, seperti pernikahan, kelahiran, dan kematian, beberapa orang Batak tak lagi menyimpan gondang. Mereka memilih seni hiburan modern, seperti organ solo dan musik Eropa.

Namun gondang tetap hidup dalam konteks agama Parmalim yang masih menggunakan musik ini dalam konteks aslinya. Mereka menggunakan musik untuk menghormati leluhur dan memanjatkan doa kepada Debata Mulajadi Nabolon. * Bangsa ini sangat tanggap ketika Malaysia mengklaim tor-tor dan gondang disa sebagai bagian dari budayanya. Saat itu, tahun 2012, tiba-tiba semua orang membicarakan gondang dengan nada anti-Malaysia.

Bukan hanya Mandailing, sebagai pemilik tradisi dan seni gondang sembilan, yang gencar memprotes Malaysia. Aktivis Gondang Toba pun demikian.

Jika kita memikirkan kasus ini, jelaslah bahwa gondang bukan hanya sebuah seni. Bahkan melampaui identitas budaya. Sampai batas tertentu, gondang adalah orang Batak itu sendiri.

Materi Sby Kelas 8 Bab 4 Teknik Bermain Alat Musik Tradisional

Oleh karena itu, jika ada klaim dari kelompok lain, sama saja dengan mengingkari keberadaan orang Batak. Di atas segalanya, keberadaan Toba dan Mandailing, dua dari lima sub-etnis Batak di sekitar Danau Toba.

Musik Gondang mengiringi Pesta Bolon Raja Sonang di Huta Rianate, Desa Pardomuan, Kecamatan Onan Rungu, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (8/8/2018). Irama gondang tidak hanya digunakan untuk memeriahkan suasana kemeriahan, tetapi juga dianggap sebagai perantara untuk menyampaikan doa dan harapan kepada para empu alam.

Orang Mandailing telah memainkan alat musik tabuh gondang selama ratusan tahun, ketika mereka masih berpegang pada animisme dan dinamisme. Mereka menyebut diri mereka si pelebegu, pemuja arwah para leluhur.

Dalam setiap ritual, gondang dimainkan sebagai pengiring doa dan bahkan sebagai doa itu sendiri. Semua ritual mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu siriaon meriah seperti pernikahan dan siluluton alias upacara berkabung.

Alat Musik Tradisional Simalungun Dan Gambanya Serta Penjelasan

Dengan kedatangan Islam, ritual ini dilarang. Namun permainan gondang masih bertahan hingga saat ini. Di pesta pernikahan, gondang masih dimainkan, meskipun pada tingkat dan bentuk spiritual yang berbeda dari pada acara-acara pra-Islam.

Para pemusik gondang menampilkan alat musik tradisional saat perayaan Dies Natalis Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (20/8/2008) di Medan. Alat musik ini biasanya dimainkan pada acara-acara adat suku Batak, Karo, Simalungun, Pakpak dan Mandailing. Dalam perkembangannya, musik gondang juga digunakan untuk memperingati acara-acara resmi seperti ini.

Masyarakat Parmalim menggelar ritual Mardebata sebagai wujud syukur kepada Tuhan, Porsea, Toba Samosir, Utama Utara, Kamis (21/10/2010). Dalam ritual ini gondang memegang peranan penting sebagai sarana komunikasi antara Parmalim dengan Tuhannya.

Gondang juga dilestarikan, terutama di pusat-pusat komunitas Parmalim, agama sub-etnis Toba kuno. Gondang masih menyala di sana dengan ritual yang mengikutinya.

Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia

Dalam beberapa ritual, seperti Mardebata, Sipahalima atau Sipaha Sada, gondang adalah bagian utama. Gondang adalah hubungan manusia dengan

Begitu fungsi gondang menjadi sentral, pelaku atau pargonsi disebut bhatara guru, yang pada dasarnya berarti orang yang arif dan pengertian dalam menyampaikan pesan Tuhan kepada manusia dan sebaliknya.

“Dulu, kami dikirimi ikan mas. Ikan mas adalah simbol makanan terlezat bagi masyarakat Toba,” kata Marsius Sitohang (65), seorang pargonsi dan dosen luar biasa di Fakultas Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara.

Bahkan sebelum bermain, mereka disuguhi makanan paling enak. Jadi, selain menghormati pargonsi, juga bermain dengan sepenuh hati. Jika akting mereka datang dari hati, musiknya menyenangkan.

Gendang Batak Toba,musik Dalam Balutan Religi

Latihan Gondang Bolon – Artis anggota Komunitas Seni Batak Bahagia (Kossba) berlatih Gondang Bolon di Lapo Toba Tabo, Jalan Dr Saharjo, Manggarai, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Pemain Hasapi yang tergabung dalam Komunitas Seni Batak Bahagia (Kossba) berlatih Gondang Bolon di Lapo Toba Tabo, Jalan Dr. Saharjo, Manggarai, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Dalam konteks masyarakat Toba, gondang tidak lagi hanya mengacu pada alat musik. Ini bisa berarti ansambel musik, repertoar musik, komposisi lagu, tempo lagu, upacara, segmen sekelompok orang tua yang menari tor-tor (Harahap 2016 dan 2011).

Ekspedisi alat musik Nusantara ini tidak membatasi konteks gondang. Namun, fokusnya adalah pada gondang sebagai fenomena sosial sekaligus sumber nilai.

Alat Musik Tradisional Unik Khas Indonesia, Siswa Pernah Memainkannya?

Gondang masih digunakan dalam upacara adat. Ini sepertinya konfirmasi. Tanpa gondang, upacara adat masyarakat Toba dianggap tidak sah.

Pada awal Agustus 2018, kami menghadiri dua upacara adat secara bersamaan. Yang pertama adalah akad nikah di Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir.

Sehari kemudian, kami melakukan perjalanan ke Onan Runggu di pulau Samosir untuk menghadiri Pesta Tradisional Raja Sonang Bolon, sebuah festival yang menyatukan semua pemimpin klan keturunan Raja Sonang.

Saat upacara pernikahan, gondang dimainkan dari siang hingga sore hari. Penonton berulang kali memanjatkan doa untuk kesejahteraan mempelai wanita dan keluarga mempelai wanita. Terkadang doa diucapkan dengan nada liris, terkadang dengan antusias. Gondang harus dimainkan dengan irama sebelumnya.

Gondang Orchestra Buka Festival Musik Indonesia

Di kesempatan lain, saat penonton dan pemain pengganti merayakan hari baik, gondang dimainkan dengan tempo cepat dan nada gesit. Bahkan, salah satu pargon, Aman Nainggolan, memainkan taganing sambil menari atau kadang berteriak.

Gondang pada acara Pesta Raja Sonang Bolon dilakukan dengan pola yang sama, yaitu atas permintaan orang-orang di atas panggung. Selain berdoa, mereka banyak menari sebagai bentuk kegembiraan. Terkadang dihiasi dengan doa.

“Pargonsi harus siap main gondang apa saja sesuai permintaan. Pargon harus peka. Sekali salah main gondang, besok tidak bisa diundang, he-he-he,” kata Baha Raja Samosir (52), seorang gondang atau pemain pargonsi di Onan Runggu, Kabupaten Samosir.

Gondang dalam konteks repertoar dan lagu bisa terdiri dari ratusan track. Melihat gondang yang dimainkan oleh masyarakat Parmalim, setidaknya terbagi menjadi enam khasanah utama. Setiap direktori terdiri dari 3 hingga 13 lagu.

Sebutkan Nama Alat Musik Tradisional Di Atas Dan Asal Daerahnya

Seiring dengan perkembangan budaya, gondang tidak hanya dimainkan di area adat dan peribadatan. Banyak anak muda Toba

Seni rupa tradisional adalah, seni musik tradisional adalah, jenis seni musik tradisional, gambar seni musik tradisional, seni musik tradisional dan modern, contoh makalah seni musik tradisional, sejarah seni musik tradisional, seni musik tradisional, seni tradisional adalah, alat musik tradisional gondang, macam macam seni musik tradisional, seni musik tradisional nusantara

Gondang Adalah Seni Musik Tradisional Dari Daerah | Albert | 4.5