5 Cara Membuat Google Form di HP Android & iOS Terbaru 2020

Google Form adalah teknologi serbaguna di internet yang dapat mengelola pendaftaran acara, membuat polling quick count pendapat dan lain sebagainya. Selain itu, dengan Google Form anda juga dapat membuat dan menganalisis survei dengan akurat di peramban seluler. Lantas bagaimana cara membuat Google Form di HP ?

Caranya sendiri sebenarnya sangat mudah, namun sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih dalam, ada baiknya anda simak ulasan mendalam seputar Google Form terlebih dahulu. Google Form merupakan salah satu fitur yang dihadirkan oleh Google. Fitur ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan.

Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat menganalisis survei, mengirim survei, membantu merencanakan acar mengumpulkan informasi dengan mudah dan efisien serta masih banyak lagi lainnya. Semua yang anda butuhkan untuk mengumpulkan informasi bisa anda dapatkan dengan menggunakan Google Form.

Google Form beserta dengan Documents, Slide dan Spreadsheet merupakan bagian dari rangkaian aplikasi online Google. Nah, sebagai langkah awal, maka anda perlu membuat Google Form terlebih dahulu di HP anda. Penasaran dengan cara membuatnya, silahkan simak ulasan mendalam di bawah ini.

Cara Membuat Google Form di HP Android & iOS Terbaru

Cara Membuat Google Form di HP Android iOS Terbaru

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa cara membuat Google Form di HP terbilang sangat mudah. Caranya yaitu dengan mengakses situs Google Form di Browser atau Chrome. Maka dari itu, bagi yang belum mengetahui caranya, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengetahuinya. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Caranya Membuat Google Form di Android dan iOS

Caranya Membuat Google Form di Android dan iOS

Membuat Google Form dilakukan melalui situs form.google.com, dimana anda bisa mengaksesnya di ponsel anda melalui browser seperti chrome atau safari. Adapun caranya sebagai berikut ini.

  • Pertama, akses situs form.google.com di HP anda.
  • Kemudian, silahkan klik “Blank” atau pilih template.
  • Silahkan namai formulir anda. Di pojok kiri atas klik nama formulir template dan silahkan masukkan nama baru.
  • Silahkan tambahkan deskripsi di bawah nama form.
  • Selanjutnya, klik palet, lalu pilih warna atau tema untuk mengubah latar belakang atau tema.

Cara Menggunakan Google Form

Cara Menggunakan Google Form

1. Menyiapkan Formulir

Langkah yang pertama, silahkan anda buka browser web seluler seperti Chrome atau Safari. Kemudian tinggal kunjungi situs Google Form di https://docs.google.com/forms/u/0/, maka formulir baru akan langsung terbuka.

2. Edit dan Format Formulir

Langkah selanjutnya, anda dapat mengedit menambahkan atau memformat teks, gambar atau video dalam sebuah formulir. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

MENAMBAHKAN PERTANYAAN
  • Pada menu utama Google Form, silahkan buka formulir.
  • Kemudian, klik Tambahkan (+).
  • Silahkan pilih jenis pertanyaan yang anda inginkan di sebelah judul pertanyaan.
  • Tulis pertanyaan yang diinginkan untuk pertanyaan anda. Aktifkan “Wajib” untuk mencegah orang agar tidak menjawab.
MENAMBAHKAN GAMBAR ATAU VIDEO
  • Pada Google Formulir, buka formulir.
  • Untuk menambahkan gambar, pilih “Tambahkan Gambar” dan “Tambahkan Video” untuk menambahkan video.
  • Silahkan pilih gambar dan video, kemudian, klik “pilih”.

3. Kirim Formulir

Jika formulir sudah siap anda dapat mengirim formulir kepada orang lain dan mengumpulkan respon mereka. Hal ini agar orang lain dapat mengisi pertanyaan yang anda buat.

Cara Mengetahui Hasil Google Form

Cara Mengetahui Hasil Google Form

Jika anda ingin melihat hasil dari pertanyaan yang anda buat di Google Form. Berikut roobek sajikan caranya. Sebenarnya, caranya sendiri juga tergolong mudah. Adapun caranya melihat hasil Google Form di HP, sebagai berikut ini.

  • Langkah pertama di form.google.com, silahkan klik “View Responses”.
  • Di menu “Responses” anda dapat melihat satu-persatu formulir atau merangkumnya di “Summary”. Anda juga dapat melihat hasilnya dalam bentuk Spreassheet. Caranya tinggal klik “Export”.
  • Selanjutnya, akan muncul pop up dialog, silahkan pilih opsi “Google Sheet”.

Itulah beberapa cara membuat Google Form di HP yang dapat roobek.com sajikan untuk anda. Form editor sangatlah mudah untuk di pelajari. Akan tetapi, cara penggunaannya sedikit agak berbeda dengan cara menggunakan Google Classroom, meskipun memiliki fungsi yang hampir sama. Dengan menggunakan Google Form, maka pekerjaan anda akan mudah untuk di selesaikan. Mungkin hanya itu saja informasi yang dapat roobek sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *